Syarat dan Ketentuan Pembeli - PeakStore by MCU
Bebas Ongkir untuk belanja minimum Rp100.000,00
Apa Yang Ingin Anda ketahui? 😍
Tentang PeakStore MCU
Kebijakan Privasi
Syarat & Ketentuan Pembeli
Syarat & Ketentuan Penjual/Vendor
Kebijakan Pinalti Pengguna
Kategori Produk
Layanan Pelanggan
FAQ

Syarat & Ketentuan Pembeli

Selamat datang di PeakStore MCU.

Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh Melania Credit Union terkait penggunaan situs https://peakstore.id, situs-situs turunannya, serta aplikasi gawai PeakStore MCU (selanjutnya disebut sebagai “Situs”). Seluruh pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs https://peakstore.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan Melania Credit Union, sebagai penyedia Layanan PeakStore MCU. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, pesebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan seluruh layanan di https://peakstore.id.

A. Definisi
B. Akun, Saldo Refund, Saldo Penghasilan, Password dan Keamanan
C. Transaksi Pembelian
D. Transaksi Penjualan
E. Penataan Etalase
F. Komisi
G. Harga
H. Tarif Pengiriman
I. Konten
J. Jenis Barang Dan Jasa
K. Kartu Kredit
L. Promo
M. Pengiriman Barang
N. Penarikan Dana
O. Penyelesaian
P. Ketentuan Lain
Q. Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab
R. Pelepasan
S. Ganti Rugi
T. Pilihan Hukum
U. Pembaharuan
V. Biaya Layanan

A. Definisi

  1. Melania Credit Union (selanjutnya disebut “MCU“) adalah suatu Koperasi Simpan Pinjam yang  menjalankan kegiatan usaha jasa untuk membantu Anggota MCU untuk meningkatkan pendapatan usaha pada web portal https://peakstore.id, yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh hanya Anggota MCU terdaftar. Selanjutnya disebut PeakStore MCU.
  2. Situs PeakStore adalah https://peakstore.id
  3. Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan PeakStore yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan PeakStore, serta tata cara penggunaan sistem layanan PeakStore.
  4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan PeakStore, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke situs PeakStore.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs PeakStore.
  6. Penjual adalah Anggota MCU terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna di situs PeakStore.
  7. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  8. Saldo Refund adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Pembeli (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan PeakStore untuk menampung pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk keuangan serta jasa lainnya. Dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs PeakStore dan/atau ditarik ke akun bank dan/atau akun Tabungan Melania di MCU yang terdaftar sesuai dengan permintaan Pembeli.
  9. Saldo Penghasilan adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Penjual (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan PeakStore untuk menampung dana hasil penjualan Barang, produk investasi, dan/atau komisi atas penjualan pada situs PeakStore. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun Tabungan Melania yang terdaftar dan tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs PeakStore.
  10. Feed adalah fitur pada Situs/Aplikasi PeakStore yang menampilkan konten dari Penjual, KOL, atau pihak lainnya terkait Barang tertentu.
  11. Rekening Resmi PeakStore adalah rekening bersama yang disepakati oleh PeakStore dan para pengguna untuk proses transaksi jual beli di Situs PeakStore. Rekening resmi PeakStore dapat ditemukan di halaman https://peakstore.id/.

B. Akun, Saldo Refund, Saldo Penghasilan, Password dan Keamanan

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. PeakStore tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
  3. Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna PeakStore, baik sebagai Pembeli maupun sebagai Penjual.
  4. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai:
    1. Pembeli atau
    2. Penjual, dengan memanfaatkan Layanan Buka Toko, jika telah sah terdaftar sebagai Anggota MCU dengan dibuktikan memiliki rekening TASKA.
  5. Pengguna yang akan bertindak sebagai Penjual diwajibkan adalah Anggota MCU,  memilih pilihan menggunakan Layanan Buka Toko. Setelah pengguna terverifikasi oleh PeakStore, Pengguna berhak melakukan pengaturan terhadap item-item yang akan diperdagangkan di etalase pribadi Pengguna.
  6. Pengguna yang telah melakukan tindakan buka toko diharapkan mengunggah konten produk yang akan diperdagangkan dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender setelah toko berhasil dibuka. Apabila dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender Pengguna masih tidak mengunggah konten produk, maka Pengguna menyetujui dan memahami bahwa PeakStore berhak untuk melakukan moderasi dan/atau penutupan toko tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  7. PeakStore tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, penghapusan Barang, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.
  8. PeakStore memiliki kewenangan untuk menutup toko atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi, pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan PeakStore, termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Penalti Pengguna yang dapat Anda lihat DISINI. Pengguna menyetujui bahwa PeakStore berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembukaan toko yang baru apabila ditemukan kesamaan data.
  9. Pengguna memahami dan menyetujui untuk tidak menggunakan, memodifikasi, membongkar, melakukan kegiatan penggandaan, menjual kembali dan/atau kegiatan mengeksploitasi lainnya pada sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan dan/atau data Situs/Aplikasi dengan teknologi otomatis atau manual tanpa adanya izin dari PeakStore.
  10. Pengguna menyetujui untuk tidak menggunakan dan/atau mengakses sistem PeakStore secara langsung atau tidak langsung baik keseluruhan atau sebagian dengan virus, perangkat lunak, atau teknologi lainnya yang dapat mengakibatkan melemahkan, merusak, mengganggu atau menghambat, membatasi dan/atau mengambil alih fungsionalitas serta integritas dari sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan, dan/atau data pada Situs/Aplikasi PeakStore.
  11. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat keras/lunak/fitur dan/atau alat lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada emulator, robot, macro, crawler dan/atau perangkat otomatis yang bertujuan untuk mengakses atau menggunakan layanan pada sistem PeakStore, seperti namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Toko; (ii) membuat banyak akun; (iii) memanipulasi perangkat yang bertujuan untuk merugikan PeakStore; (iv) kegiatan perambanan (crawling/scraping) atau penyalinan konten; (v) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi,dan lain sebagainya; (vi) penambahan produk ke etalase; (vii) mengumpulkan (harvest) atau mencuri data pengguna; (viii) melakukan spamming, mengirimkan komunikasi elektronik dalam jumlah besar, mengirimkan surat berantai; dan/atau (ix) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi layanan dan sistem.
  12. PeakStore memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi toko, penyesuaian jumlah reputasi, dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan reputasi toko (review dan atau jumlah transaksi). Contohnya adalah melakukan proses belanja ke toko sendiri dengan menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya.
  13. Saldo Refund berasal dari pengembalian dana transaksi (refund) pembelian barang, produk digital, dan/atau produk keuangan di Situs PeakStore dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
  14. Saldo Refund dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs PeakStore, dan dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank atau rekening Tabungan Melania yang terdaftar pada akun Pengguna sesuai dengan permintaan.
  15. Saldo Penghasilan hanya berasal dari hasil penjualan barang, produk investasi, dan/atau komisi pada Situs PeakStore dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
  16. Saldo Penghasilan hanya dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening Tabungan Melania yang terdaftar pada akun Pengguna, dan tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran atas transaksi pembelian barang, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs PeakStore.
  17. PeakStore memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo Refund dan Saldo Penghasilan Pengguna apabila ditemukan/diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan PeakStore.
  18. Penjual dilarang melakukan duplikasi toko, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
  19. Pengguna tidak memiliki hak untuk melakukan perubahan pada nama akun dan atau nama toko selain dengan apa yang telah diisikan pada saat pertama kali pendaftaran. Pengguna harus memastikan bahwa isian nama akun sesuai dengan ketentuan pada PeakStore.
  20. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  21. PeakStore tidak akan meminta password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu PeakStore menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan PeakStore atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  22. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu PeakStore jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  23. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa PeakStore tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada menyetujui dan/atau memberikan akses masuk akun yang dikirimkan oleh PeakStore melalui pesan notifikasi kepada pihak lain melalui perangkat Pengguna, meminjamkan akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  24. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal sesuai kebijakan masing-masing penyedia jasa telekomunikasi terkait.
  25. Penjual dilarang mempromosikan toko dan/atau barang secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, diskusi produk, ulasan produk yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.

C. Transaksi Pembelian

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh PeakStore. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian PeakStore akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem PeakStore telah selesai/complete.
  2. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
    a. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
    b. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di Situs/Aplikasi PeakStore tergantung pada monitor komputer dan layar handphone Pembeli. PeakStore telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan pada Situs/Aplikasi PeakStore muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs dan aplikasi PeakStore akan akurat.
    c. Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
    d. PeakStore tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan barang tersebut. Terkait ketersediaan stok barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok barang kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
  4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi PeakStore dan/atau tanpa sepengetahuan PeakStore (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs PeakStore atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
  5. PeakStore memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  6. Pembeli menyetujui dan memahami bahwa dengan menggunakan Situs/Aplikasi PeakStore pada saat Pembeli melakukan transaksi pembelian, PeakStore akan meneruskan data informasi Pembeli kepada Penjual.
  7. Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang dipilih dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. MCU tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pembeli, apabila Pembeli melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
  8. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 1×24 jam) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, PeakStore memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi tersebut. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  9. Pembeli disarankan untuk memeriksa dan melakukan pembayaran sesuai dengan nominal tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
  10. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank rekening resmi PeakStore adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  11. Pengembalian dana dari PeakStore kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    a.  Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang,
    b. Masalah pengiriman barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan barang tidak sampai,
    c. Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
    d. Penjual sudah menyanggupi pengiriman order barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.
    e. Penyelesaian permasalahan melalui Layanan Pelanggan berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak PeakStore.
  12. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Refund milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana. 
  13. Pembeli dilarang untuk membagi 1 (satu) transaksi pembelian barang menjadi 2 (dua) transaksi atau lebih secara terpisah untuk membagi nilai pembayaran (split payment) dengan tujuan memanipulasi metode pembayaran dan/atau mendapatkan manfaat lebih yang melanggar Syarat dan Ketentuan, yang dilakukan dengan cara apa pun termasuk namun tidak terbatas dengan menghubungi Penjual untuk melakukan perubahan harga dan/atau membeli beberapa produk untuk membagi jumlah harga dari suatu produk yang diinginkan.
  14. Pembeli memahami dan menyetujui untuk melepaskan PeakStore dari tanggung jawab apabila terjadi kendala atas transaksi yang menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada kendala transaksi, kendala pembayaran, kendala pengiriman, maupun kerusakan dan/atau kehilangan barang baik sebagian maupun seluruhnya.
  15. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain PeakStore. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
  16. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Pembeli bertanggungjawab untuk menjaga informasi terkait transaksi dan pengiriman melalui Situs/Aplikasi PeakStore. Seluruh tindakan termasuk namun tidak terbatas pada kesepakatan yang dilakukan atas transaksi pembelian, pengembalian maupun penukaran Barang diluar Situs/Aplikasi PeakStore adalah bukan tanggung jawab PeakStore, sehingga klaim serta kerugian yang timbul akibat tindakan tersebut menjadi tanggung jawab masing-masing pihak secara pribadi.
  17. Pembeli wajib memeriksa dan melakukan konfirmasi penerimaan barang, setelah menerima kiriman barang yang dibeli. PeakStore memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus “Complete” pada sistem PeakStore, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan barang secara otomatis oleh sistem PeakStore.
  18. Setelah adanya konfirmasi penerimaan barang atau konfirmasi penerimaan Barang otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke rekening resmi PeakStore akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
  19. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan barang adalah bukan menjadi tanggung jawab PeakStore. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan barang menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  20. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
  21. PeakStore berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan PeakStore adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  22. Pengguna memahami dan menyetujui jika ditemukan adanya indikasi kecurangan, pelanggaran Syarat dan Ketentuan PeakStore atau ketentuan hukum yang berlaku, maka PeakStore berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pembatasan pilihan metode pembayaran, melakukan pembatalan transaksi tanpa pemberitahuan sebelumnya.

D. Transaksi Penjualan

  1. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan tujuan apapun.
  2. Penjual dilarang melakukan penawaran/berdagang barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan Poin J. Jenis Barang.
  3. Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka PeakStore berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
  4. Dalam menggunakan Fasilitas “Judul Produk”, “Foto Produk”, “Catatan” dan “Deskripsi Produk”, Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan PeakStore, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan PeakStore.
  5. Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Barang pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan barang dari PeakStore. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
  6. Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa PeakStore berhak melakukan moderasi toko Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
  7. Penjual dilarang untuk menyediakan metode pembayaran terpisah (split payment) dan/atau membagi 1 (satu) transaksi pembelian barang menjadi 2 (dua) transaksi yang berbeda dengan tujuan untuk memanipulasi metode pembayaran dan/atau mendapatkan manfaat lebih yang melanggar Syarat dan Ketentuan, yang dilakukan dengan cara apa pun termasuk namun tidak terbatas dengan menggunakan layanan “varian produk” atau menjual beberapa produk sehingga membagi jumlah harga atau transaksi dari suatu produk yang diinginkan.
  8. Penjual memahami dan menyetujui untuk melepaskan PeakStore dari tanggung jawab apabila terjadi kendala atas transaksi yang menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada kendala transaksi, kendala pembayaran, kendala pengiriman, maupun kerusakan dan/atau kehilangan produk baik sebagian maupun seluruhnya.
  9. PeakStore berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila diketahui terdapat transaksi penjualan menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada pembatalan transaksi, penyesuaian reputasi toko, penghapusan produk, moderasi toko, dan/atau penutupan toko.
  10. Penjual menyetujui dan memahami bahwa dengan menerima data informasi Pembeli yang terdapat dalam Situs/Aplikasi wajib menjaga kerahasiaan dan dilarang menyalahgunakan data informasi Pembeli dalam bentuk apapun. PeakStore berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan investigasi dan memberikan sanksi terhadap dugaan atau laporan penyalahgunaan data Pembeli.
  11. Penjual diharapkan untuk memasukkan nomor resi pengiriman Barang atau AWB (air way bill) yang valid, yaitu:
    a. Tanggal pembuatan resi pengiriman barang tidak lebih dulu dari tanggal transaksi pembelian barang;
    b. Nomor resi pengiriman barang harus dapat dilacak atau ditemukan pada web situs pelacakan atau sistem jasa ekspedisi rekanan PeakStore; dan/atau
    c. Merupakan resi pengiriman barang yang memang diperuntukkan untuk pembeli yang akan menerima paket tersebut (detail pengiriman harus sama). Ketentuan tersebut dikecualikan untuk pengiriman menggunakan ekspedisi PeakDelivery. Penjelasan lebih lengkap dapat dilihat di sini
  12. Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari PeakStore.
  13. Apabila Penjual memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang invalid atau tidak dapat terlacak, Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 1 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi nomor resi invalid atau tidak terlacak yang diberikan oleh PeakStore kepada Penjual.
  14. Jika dalam batas waktu tersebut dalam Syarat & Ketentuan Poin D. 11 dan D. 12 pihak Penjual tidak memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid, maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Jika Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada kurir tempat Barang dikirimkan.
  15. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kurir pengiriman tidak dapat diubah oleh Penjual setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual. Penjelasan lebih lengkap dapat dilihat di sini.
  16. Tokopedia berwenang untuk membatalkan transaksi dan/atau menahan dana transaksi dalam hal: (i) nomor resi kurir pengiriman Barang yang diberikan oleh Penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Situs PeakStore; (ii) Penjual mengirimkan Barang melalui jasa kurir/logistik selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Situs PeakStore; (iii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim; (iv) jika ditemukan adanya manipulasi transaksi; dan/atau (v) mencantumkan nomor resi pengiriman Barang yang telah digunakan oleh Penjual lainnya (internal dropshipper)
  17. Penjual memahami dan menyetujui bahwa seluruh Pajak sehubungan dengan transaksi Penjualan (namun tidak terbatas pada perubahan informasi toko dan/atau barang), akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  18. Penjual yang telah mencapai 100 (seratus) transaksi penjualan akan dikenakan biaya layanan atas setiap transaksi penjualan berikutnya dengan besaran presentase sesuai dengan kategori Barang sebagai berikut :a. Kategori Barang A = Presentase Biaya layanan 2.50%b. Kategori Barang B = Presentase Biaya layanan 1.70%c. Kategori Barang C = Presentase Biaya layanan 1.25%d. Kategori Barang D = Presentase Biaya layanan 1.70%e. Kategori Barang E = Presentase Biaya layanan 0.50%f. Ketentuan lebih lanjut mengenai biaya layanan dapat dilihat DI SINI, yang akan berlaku pada tanggal xx.
  19. Biaya layanan di atas hanya berlaku untuk Penjual reguler dan tidak berlaku untuk Penjual yang berstatus Featured, dengan ketentuan lebih lanjut yang dapat dilihat DI SINI.
  20. PeakStore berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan PeakStore adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  21. Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarif pengiriman awal).
  22. PeakStore berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada pembeli.
  23. Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

E. Pilihan Pengguna dan Transparansi

  1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS dan Android) memiliki pengaturan sehingga aplikasi PeakStore tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi PeakStore pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi PeakStore pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna dalam perangkatnya.
  2. Setelah transaksi jual beli melalui Situs berhasil, Penjual maupun Pembeli (sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan) memiliki kesempatan untuk memberikan penilaian dan ulasan terhadap satu sama lain. Informasi ini mungkin dapat dilihat secara publik dengan persetujuan Pengguna.
  3. Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank melalui fitur pengaturan (settings) pada Situs.
  4. Pengguna dapat menarik diri (opt-out) dari informasi atau notifikasi berupa buletin, ulasan, diskusi produk, pesan pribadi, atau pesan pribadi dari Admin yang dikirimkan oleh PeakStore melalui fitur pengaturan pada Situs. PeakStore tetap dapat mengirimkan pesan atau email berupa keterangan transaksi atau informasi terkait akun Pengguna.
  5. Sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi PeakStore untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan data Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Situs maupun layanan PeakStore lainnya.

F. Keamanan, Penyimpanan dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna

  1. PeakStore melindungi setiap Data Pribadi Pengguna yang disimpan dalam sistemnya, serta melindungi data tersebut dari akses, penggunaan, modifikasi, pengambilan dan/atau pengungkapan tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan dan prosedur keamanan, termasuk kata sandi dan kode OTP (One Time Password) Pengguna.
  2. Data Pribadi Pengguna juga dapat disimpan pihak yang bekerja untuk, atau oleh penyedia layanan pihak ketiga, vendor, pemasok, mitra, kontraktor, atau afiliasi PeakStore. Dalam hal tersebut, PeakStore akan memastikan bahwa Data Pribadi tersebut tetap terlindungi sesuai dengan komitmen PeakStore dalam Kebijakan Privasi ini.
  3. Walaupun PeakStore telah menggunakan upaya terbaiknya untuk mengamankan dan melindungi Data Pribadi Pengguna, perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui Internet tidak pernah sepenuhnya aman. Dengan demikian, PeakStrore tidak dapat menjamin 100% keamanan data yang disediakan atau dikirimkan kepada PeakStore oleh Pengguna dan pemberian informasi oleh Pengguna merupakan risiko yang ditanggung oleh Pengguna sendiri.
  4. PeakStore akan menghapus dan/atau menganonimkan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali PeakStore apabila (i) Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
  5. Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Pengguna disimpan oleh pihak lain, termasuk instansi penyelenggara negara yang berwenang. Dalam hal kami membagikan Data Pribadi Pengguna kepada instansi penyelenggara negara yang berwenang dan/atau instansi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan PeakStore, Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh instansi tersebut akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing instansi tersebut. 

G. Akses dan Perbaikan Data Pribadi Pengguna atau Penarikan Kembali Persetujuan

  1. PeakStore mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa Data Pribadi Pengguna diproses secara akurat dan lengkap. Namun demikian, penting bagi Pengguna untuk memberi tahu PeakStore secara tepat waktu tentang segala perubahan pada Data Pribadi Pengguna atau jika ada kesalahan dalam Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali PeakStore.
  2. Pengguna berhak untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali PeakStore melalui layanan pelanggan PeakStore yang tersedia dalam Kebijakan Privasi ini. Namun demikian, permohonan tersebut hanya akan diproses oleh PeakStore apabila Pengguna telah menyerahkan bukti identitas yang memadai untuk melakukan akses atau koreksi terhadap data tersebut. PeakStore berhak menolak permohonan untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua Data Pribadi Pengguna yang PeakStore miliki atau kuasai jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana Data Pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau di mana permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi adalah untuk alasan yang PeakStore anggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan.
  3. PeakStore dapat membebankan biaya administrasi kepada Pengguna untuk menangani permintaan Pengguna untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna. 
  4. Pengguna dapat menarik persetujuan yang telah Pengguna berikan terkait dengan pemrosesan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali PeakStore dengan mengirimkan permintaan tersebut melalui layanan pelanggan PeakStore yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini. PeakStore akan memproses permintaan Pengguna dalam kurun waktu yang wajar sejak permintaan penarikan persetujuan tersebut disampaikan, dan selanjutnya tidak memproses Data Pribadi Pengguna sesuai dengan permintaan awal Pengguna, kecuali diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal terdapat penarikan persetujuan, PeakStore mungkin tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya berdasarkan setiap perjanjian antara Pengguna dengan PeakStore. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat juga kemungkinan bahwa dikarenakan PeakStore tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya oleh karena Pengguna menarik persetujuannya, setiap hubungan hukum antara Pengguna dan PeakStore menjadi berakhir dan tidak dapat dilanjutkan.

H. Pengaduan Terkait Perlindungan Data Pengguna

  1. Jika Pengguna memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan PeakStore terhadap Data Pribadi Pengguna atau jika Pengguna yakin bahwa privasinya telah dilanggar, Pengguna dapat menghubungi PeakStore melalui layanan pelanggan PeakStore atau kepada kontak PeakStore yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Pengguna.
  2. PeakStore akan menyelidiki keluhan Pengguna dan berupaya untuk memberikan tanggapan terhadap keluhan tersebut dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang disampaikan oleh Pengguna.

I. Hubungi Kami

Dalam hal Pengguna memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Kebijakan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi miliknya, silakan hubungi layanan pelanggan PeakStore melalui laman https://peakstore.id/

J. Pembaruan Kebijakan Privasi

PeakStore dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini sebagai bagian dari kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan kebijakan internal MCU. PeakStore akan memberikan notifikasi kepada Pengguna dalam adanya perubahan dan/atau pembaruan dalam Kebijakan Privasi ini. 

Pembaruan terakhir tanggal 01 November 2022

PeakStore by MCU
Ninja Silhouette 9 hours ago

Joe Doe in London, England purchased a

Joe Doe in London?

Joe Doe in London, England purchased a

Joe Doe in London?

Joe Doe in London, England purchased a

Joe Doe in London?

Joe Doe in London, England purchased a

Shopping cart